latest articles

Selamat Jalan Mama


B i ..... bibi ..... kemana sih ni orang udah budek kali iya ? ... gerutu Anita “eh ada apa neng kok teriak – teriak ?””eh pade nanya lagi, aku tuch cari mama mau minta duit ... duit tau kan ama duit ?”.
“oh iya neng bibi tau, duit kan ... he ... he ... duit ya non”. “E ... dengar duit malah cengengesan, udah sana cabut ngapain cengar cengir disini” usir Anita pada pembokatnya.

      Dari sudut ruangan yang besar itu perlahan - lahan Anita meilhat wanita setengah baya mendekat kearahnya”ada apa anita, mama dengar dari tadi kamu teriak - teriak memangnya ada apa sih sayang ?”tutur wanita setengah baya itu seraya mengusap rambut anak semata wayangnya dengan lembut.
“ma, bentar lagi kan Anita ada ujian semester ganjil dan kebetulan saat ini Anita lagi boke’ so ... mama udah tau kan??”.”Iya udah nanti mama transfer kerekening kamu”.”Oke deh mam, makasih iya ma, mama baik deh,”kata Anita sambil memeluk mamanya.
Anita, andai kau tau sayang betapa mama menyayangimu dan takut kehilangan dirimu. Mama enggak akan memaafkan diri mama kalau sampai terjadi sesuatu denganmu, tak terasa air matanya menetes, terlihat butiran - butiran air di pipi yang masih kelihatan segar itu.
Senja makin merah dan mentari pun telah beranjak untuk tifur, malam pun mulai menjelang tapi Anita masih saja duduk termenung didepan kaca. Jam dinding pun menunjuk jam 06.30 anita masih saja tidak mau beranjak dari tempatnya semula. Ada rasa galau menyelimuti hatinya namun entah apa dia sendiri tidak tau.

      Tok ... tok ... tok suara pintu terdengar dari luar “Anita, kamu sudah siap kan sayang ?”tanya mamanya dari luar. ”Udah ma, Anita sudah siap kok, malah udah dari tadi”jawab Anita sekenanya.
perlahan - lahan dibukanya pintu kamarnya dilihatnya beberapa puluh makhluk sedang berbincang – bincang ria. “happy birthday Anita !!! teriak melly seraya memeluk sahabatnya erat dan of course dengan cipika - cipikanya juga doong. Kemudian mamanya ganti memeluknya “Selamat Ulang tahun sayang” kata mamanya “makasih mama” balas Anita dengan cipika - cipikanya.
Malam itu semua teman - teman anita berpesta ria dan tidak terasa waktu pun telah jauh bergulir. Malam semakin larut dan tentunya mereka semua harus segera pulang dan cabut kerumah masing - masing. Hanya Melly yang langsung naik kekamar, maklum Melly memang sering bermalam dirumah anita. Sedangkan anita masih asyik menikmati malam Ultahnya dengan sang orang tua, maklumlah masih single atau alonan wae.

      Anita umurmu kini sudah genap 17 tahun, dan mama pikir sudah dewasa dan dapat menentukan mana yang baik dan buruk, jadi mama harap kau akan menerima segala sesuatu yang akan kau hadapi dengan hati tabah dan penuh ikhlas”. Ujar mamanya sambil meneteskan butiran air matanya.
Dalam kamarnya Anita terus memikirkan kata - kata mamanya, apa maksud dan artinya di juga tidak tau dan tidak mengerti. Hingga pagi menjelang, dan jam pelajaran pun telah lama berlangsung, Anita masih saja diam terpaku membisu seribu bahasa. “Anita, kamu kenapa sih ? emang kamu lagi fall in love iya, friend ayolah tell me what you feeling now ? tanya Melly sok selidik “ah enggak ada apa - apa kok, cuma capek aja mikirin ulangan besok, kamu tau kan aku sama sekali enggak ngerti dengan materi kali ini”, jelas Anita. Tapi Melly tau ada yang enggak beres pada diri sahabatnya.

      Sebenarnya dalam hati Anita tersimpan beribu pertanyaan tentang kata - kata mamanya semalam, namun dia masih harus tetap konsentrasi dengan pelajaran kalau tidak ingin nilai raportnya berbaris pasukan merah. Setiba dirumah, anita menuju meja belajarnya dan dia mulai menulis dalam diary :

30 Agustus 2013
Tuhan mengapa ini harus terjadi antara mama dan papa. Aku sama sekali enggak ngerti mengapa selalu saja ada permainan hidup yang enggak sesuai dengan apa yang di harapkan. Tuhan rubahlah semua jadi yang kumau tapi aku tidak mungkin memaksa.

Dua hari berlalu sejak dia menggoreskan tinta lembar pertama diarynya, hatinya bagai tercabik - cabik dengan semua permainan hidup yang rasanya semakin memojokkan hatinya.

1 September 2013
Tuhan aku takunt ... aku takut dengan takdir yang engkau berikan ku mohon jangan kau luluh lantakkan keluarga kami dan jadikanlah kedua orang tuaku tetap sehati, setia sekata seperti dulu.

Ingin rasanya hatinya memberontak semua ketetapan Tuhan, tapi apa daya di hanyalah makhluk kecil dan bukan apa - apa dibandingkan Tuhan.
hari demi hari yang terasa hanya percikan api yang akan mulai membumi hanguskan keluarga tercintanya.

12 September 2013
Tuhan kenapa ini mesti terjadi mengapa mama papaku mesti bercerai. Seandainya ada sesuatu yang dapat kulakukan untuk kembali membuat mereka bersatu walau apapun bayarannya. Tuhan, pada siapa lagi aku harus mengadu, dapatkah kupertahankan keutuhan keluarga ini, tolong mengerti Anita ma, Anita enggak ingin punya mama tapi enggak punya papa atau sebaliknya. Anita ingin punya dua - duanya punya mama dan papa, tuhan kabulkanlah do’aku Amiin.

Seiring bergulirnya waktu, tiba saatnya kedua orang tuanya untuk memenuhi panggilan pengadilan yang terakhir dan pagi itu mereka berdua berangkat ke pengadilan dalam satu mobil. Tapi tiba - tiba mobil yang mereka tumpangi menabrak asam yang selalu mangkal dipinggir jalan dan malangpun tidak dapat ditolak. Papa Anita hanya mengalami luka lecet - lecet saja tapi tidak dengan mama Anita beliau pergi untuk selama - lamanya menghadap yang kuasa. Bagai petir yang menghantam tubuh mungilnya begitu Anita mendengar kabar kepergian mamanya ... yach ... mama tercintanya.

YUNI SULISTIANI
BINTI
ATMAJAYA
Lahir : 22 Juni 1974
Wafat : 29 September 2013

Dipandangi nisan yang masih putih dihadapannya dipeluknya erat - erat nisan itu seakan - akan ia tidak mau pergi meninggalkan mamanya sendirian di pemakaman. Hujan yang mengguyur tubuhnya serasa bukam penghalang baginya untuk untuk tetap menangis dimakam mamanya. Anita melihat wajah papanya lunglai tidak berdaya dan didera rasa bersalah dan ..... “ma, maafkan papa, papa janji akan menjaga Anita selamanya”. Tutur papa Anita.
“Sudahlah pa, semuanya sudah terjadi, mama pergi tinggalkan kita semua untuk menghadap Tuhan mungkin inilah jalan terbaik yang diberikan Tuhan untuk mama.”kata Anita sambil menahan tangisnya.
Dalam hatinya Anita berdo’a Oh ... tuhan jagalah mamaku. Tempatkanlah mamaku diantara kekasih - kekasihmu. Mama ... damailah engkau disana meski kini aku kehilangan tempat untuk mengabdi. Ma ... do’a restumu akan selalu kubawa diperjalanan hidupku. Ma ... kutaburi do’a untukmu. Ma ... kau kasih sejati bagiku.
Selamat jalam ma ... mamaku tercinta.


Greated : Mareta Afita

By : xDRAGONx
Read more

Trik - Trik yang Kita Perlukan Untuk Menyiasati BETE



Teman - teman kali ini saya ingin memberikan sebuah Tips bagaimana caranya untuk menghilangkan rasa jenuh atau BETE apabila teman - teman sedang berlibur ataupun berada dirumah.

   >  JJS (Jalan – Jalan Santai) Bareng Sahabat
Yap, itu tips pertama yang perlu kalian ketahui, karena dengan JJS tentu segala kepenatan kita akan hilang dengan sendirinya. Tentunya JJS tersebut tidak perlu telalu jauh, asalkan kita bisa rileks dan santai.

   >  Dengerin Musik
Nach, itu juga baik bagi kalian karena hal semacam ini tidak perlu ngeluarin sepeserpun uang, selain itu tidak ada resikonya sama sekali.

   >  Ngumpul Bareng Teman
ini dia tips yang jitu jika kalian punya kelompok atau teman segank. Tentu tidak ada salahnya jika antara yang satu dengan yang lainnya saling ngobrol dan curhat. Siapa tahu semua Problem (masalah) yang kalian alami dapat teratasi.

   >  Nonton Bareng Teman
Tips ini juga tidak kalah jitunya dengan tips - tips yang lain karena dengan nonton terasa seru dan mengasyikkan, misal nonton film Laga di bioskop.

   >  Baca Majalah atau Komik
Jangan dikira dengan baca buku tidak dapat menghilangkan rasa jenuh kita. Tentunya dalam hal ini kita harus membaca cerita bersejarah yang berupa ilmu pengetahuan akan tetapi bisa juga melalui majalah - majalah yang bersifat remaja atau sesuai dengan selera anak muda. Tidak ada salahnya kita membuka majalah kita sendiri yang merupakan aspirasi dari beberapa teman - teman kita.

    >  Bermain Game Online
Tips ini menurut saya yang paling jitu, karena dengan bermain Game Online rasa jenuh atau BETE bisa terlupakan apalagi bila bermain permainan yang paling di sukai dan digemari pasti permasalahan - permasalahan yang kita anggap paling rumit bisa teratasi.

Udahan dulu iya teman – teman tips dari saya. Tentunya saya berharap agar teman – teman mengambil manfaatnya dan mencoba beberapa kegiatan yang bernilai positif dan menguntungkan.


Catatan :
“Isilah kehidupan kalian dengan berbagai kegiatan yang positif”.


By : xDRAGONx
Read more

Ingatlah Lima Pilar Utama Menuju Hidup Yang Bahagia


Teman - teman, banyak langkah atau cara menggapai kebahagian. Ada berjuta cara untuk meraih rasa tentram, untuk bisa tidur nyaman, berekpresi segar, dan menjalani hari penuh dengan gairah. Namun ada 5 (lima) hal penting yang bisa dibilang pilar dari semua langkah itu. Kelimanya terkait erat dengan kondisi hati, serta apa yang sangat mempengaruhi hati itu.

    Ø  Pertama, bekali diri dengan ilmu Agama.
      Banyak orang belajar berbagai macam ilmu, apabila tidak di dasari ilmu Agama, mari kita lihat apa yang terjadi dengan diri orang - orang tersebut ! Diantaranya ada yang berakhlak  buruk, ada yang tidak mengaplikasikan ilmu - ilmu yang mereka miliki, ada yang ilmunya hilang sia -sia. Karena itu ilmu adalah landasan beramal dan dengan ilmu, orang dapat melakukan berbagai kegiatan dengan benar. Ilmu agama bukan hanya untuk para santri dan ulama, akan tetapi untuk semua kalangan masyarakat, terutama masyarakat islam. Dan tanpa ilmua, terlebih lagi Ilmu Agama amal seseorang bisa saja bukan hanya tidak bernilai bahkan berbahaya dan membawa dosa.

    Ø  Kedua, jangan bosan membersihkan hati.
      Sebenarnya kekuatan pertama kita ada di dalam hati, karena hait akan memberi warna pada perspsi dan pandangan kita tentang segala sesuatu. Bila hati kita bersih meniti hidup yang halal, sebaliknya bila hati kita kotor, kita bisa terjerumus kedalam kehidupan yang penuh dengan dosa.
      Oleh karena itu, marilah kita senantiasa membersihkan hati dengan berdzikir kepada ALLAH S.W.T dan bersholawat kepada Nabi Muhammad S.A.W. Agar hati kita menjadi bersih , mendapat syafaat kelak di hari pembalasan oleh Nabi Muhammad S.A.W dan bisa dapat Ridho dari ALLAH S.W.T. Amiiin.

    Ø  Ketiga, jauhi uang tidak jelas halal dan haramnya.
      Pengaruh makanan terhadap rasa tentram sangat besar. Tidak heran bila sahabat dan orang - orang Shalih terdahulu tidak berani dan tidak gegabah untuk mengkonsumsi barang - barang yang tidak jelas.
      Yang halal itu jelas dan yang haram juga demikian. Apa - apa yang tidak jelas halal haramnya adalah hal yang meragukan. Maka, seorang Muslim sebaiknya meninggalkan hal - hal yang yang meragukan, karena disamping demi kebaikan dan ketenangan batin, juga dapat menambah derajat Ketaqwaan.
      Sabda Rasulullah S.A.W, “Tidaklah seseorang itu bisa mencapai derajat Muttaqin, hingga ia meninggalkan apa - apa yang sebenarnya tidak apa - apa karena takut kalau ada dosanya”.

    Ø  Keempat, nikmati yang pasti kehalalanya.
      Apa - apa yang haram memang dilarang. Tetapi apa yang halal nikmati dan terima sebagai karunia dengan penuh rasa syukur. Apa - apa yang diharamkan oleh ALLAH S.W.T pasti bisa ditemui gantinya yang halal, bahkan lebih dari cukup.
      Rasulullah sendiri tidak pernah mengharamkan apa - apa yang halal. Oleh karena itu, tidak ada larangan bagi manusia untuk menikmati yang halal. Karena disanalah sebagian kebutuhan Fitrahnya harus dipenuhi.
      Namun begitu, apa yang halal tetap ada batasannya. Karena segala sesuatu yang halal bisa saja menjadi haram, semua itu disebabkan karena cara mengkonsumsi atau cara memakannya yang berlebihan.
      Kita boleh makan dan minum, berpakaian, dan apa saja selama halal dan mempertimbangkan etika umum yang berlaku.

    Ø  Kelima, biasakan tidur dengan Doa
      Tidur merupakan penutup dari segala macam kegiatan hidup kita. Karenanya perhatian islam terhadap tidur sangat besar.
      Maka jangan heran kita dalam islam, urusan tidur memiliki tuntunan yang sangat panjang, misal : sebelum tidur di anjurkan membaca dua (2) ayat terakhir Surat Al - Baqoroh, Surat Al - Ikhlas, Surat Al - Falaq, dan An - Naaas, lalu meniupkannya ke kedua telapak tangan dan mengusapkan ke badan.
      Karena saat itu sebenarnya manusia dala keadaan“Mati”tetapi hidup dan dikatakan hidup tetapi sedang“Mati”. Oleh karena itu, marilah kita biasakan tidur dengan membaca Do
a sebab kita tidak tahu, apakah kita tidur untuk selamanya atau masih di beri kesempatan untuk memulai aktivitas baru, hari baru dan tentunya dengan hidup dan umur yang baru pula.
Wallahu A
lam.


By : xDRAGONx
Read more

Hungry Heart Wild Striker Subtitle Indonesia


Sinopsis :

Cerita Hungry Heart menyorot kehidupan sepakbola SMU Kosuke Kanou, seorang pemuda Bengal yang berambut orange. Banyak orang yang tak tahu bahwa ia adalah adik Sesuke Kanou, gelandang AC Milan asal Jepang. Oleh karena itu, Kanou selalu marah bila dibandingkan dengan kakaknya. Kanou yang semula menghindar dari sepakbola berhasil dibujuk oleh Sujiwaki Miki dan Mori, murid Jyoyo; untuk masuk ke klub sepakbola Jyoyo. Petualangan sepakbola Kanou pun dimulai.

Selain Kanou, juga ada 2 murid kelas 1 lainnya yang masuk ke Jyoyo. Mereka adalah Rodrigo, pemain berbakat asal Brazil dan Sakai, kipper tangguh dari Inggris. Senior-senior mereka antara lain: Sako dan Kamata sebagai Kapten dan Wakil Kapten, Ichikawa, Esaka, dll. Dengan bimbingan pelatih Murakami, Jyoyo harus berlatih dengan keras agar bisa bertanding di Kejuaraan Nasuonal. Kanou yang memiliki insting striker diplot pelatih sebagai pemain belakang bersama Kamata. Tentunya, Kanou merasa tak puas. Di kemudian hari, Kanou akhirnya dijadikan striker dan ia dijadikan pemain belakang dengan maksud untuk melatih skill strikernya.

Konflik juga terjadi di tim Jyoyo, seperti konflik antara Rodrigo-Ichikawa dan trauma Sakai. Namun, itu tak mengurangi semangat Jyoyo. Di tahun pertama ini, Jyoyo harus takluk oleh Kokoryu yang diperkuat oleh beberapa pemain timnas Jepang, seperti Kamiyama (striker), Fujimori bersaudara(gelandang),dan Iguchi(kipper). Kanou dkk. Bertekad untuk membalas kekalahan mereka di musim berikutnya. Di lain pihak, tim sepakbola putrid Jyoyo yang dikapteni Miki juga takluk dengan skor sangat telak. Kanou, yang mantan pelatih tim sepakbola putri menghibur Miki dan menyemangatinya bahwa perjuangan belum selesai.
Di musim berikutnya, tim Jyoyo lebih solid. Jyoyo berhasil mengalahkan Kokoryu dan melaju ke Turnamen nasional untuk pertama kalinya. Sayangnya di pertandingan pertama Jyoyo harus melawan Tenryu, eks klub Sesuke yang diperkuat pemain jenius Kagami. Bisa ditebak, Jyoyo kalah. Di akhir tahun ini, Sako dan Kamata beserta pemain kelas 3 lainnya lulus dan meninggalkan Jyoyo untuk masuk ke universitas. Kehilangan mereka dirasakan berat bagi Jyoyo yang baru berkembang.

Di tahun yang kedua, posisi kapten dan wakil kapten diserrahkan pada Esaka dan Ichikawa, sementara Kanou menjadi pemain Ace dan Rodrigo sebagai Playmaker. Saat pertandingan penyisihan, Kanou mengalami cedera parah akinat ditackle secara bersamaan. Kanou pun absent sekitar 3 bulan. Meski terdapat 3 pemain baru Jyoyo yang berbakat yaitu Yuya(Striker), Shinkawa(Sayap), dan Muroi(Back). Jyoyo tetap tak berdaya tanpa Kanou. SElain itu Yuya, Shinkawa, dan Muroi selalu bermain sendiri tanpa bekerjasama dengan senior sehingga berujung pada kekalahan.

Seiring berjalannya waktu, Jyoyo menjadi tim yang lebih solid. Kanou yang telah pulih berhasil memecahkan rekor top skor di Turnamen Interhigh dengan 18 gol. Pertandingan nasional pun menanti. Setelah melalui pertandingan-pertandingan sulit, Jyoyo akhirnya berhadapan kembali dengan Tenryu.. pertandingan berjalan seru. Jyoyo yang berjuang tanpa kenal lelah akhirnya kembali kalah dari Tenryu lewat gol Kagami di menit akhir. Harapan Kanou dkk. Untuk menjadi jUara Nasional pupus sudah. Beberapa bulan setelah Kejuaraan Nasional, Kanou terpilih menjadi anggota Jepang U-21. inilah yang menjadi tonggak awal Kanou menjadi pemain professional.

Silahkan Download Dibawah ini :

Hungry Heart Wild Striker - Eps 01
Hungry Heart Wild Striker - Eps 02
Hungry Heart Wild Striker - Eps 03
Hungry Heart Wild Striker - Eps 04
Hungry Heart Wild Striker - Eps 05
Hungry Heart Wild Striker - Eps 06
Hungry Heart Wild Striker - Eps 07
Hungry Heart Wild Striker - Eps 08
Hungry Heart Wild Striker - Eps 09
Hungry Heart Wild Striker - Eps 10
Hungry Heart Wild Striker - Eps 11
Hungry Heart Wild Striker - Eps 12
Hungry Heart Wild Striker - Eps 13
Hungry Heart Wild Striker - Eps 14
Hungry Heart Wild Striker - Eps 15
Hungry Heart Wild Striker - Eps 16

Ekstensi MKV (Matroska Video)
Via Solidfiles

Special Thanks to Ghaos Masoga,Animekere (Translate ke bahasa Indonesia)
Read more

Mahalnya Sebuah Kejujuran


Kita akui saat ini bangsa indonesia berada pada kumbangan kebobrokan dan berusaha sekuat mungkin untuk bangkit dan bangkit, tetapi apa yang terjadi . . . . . . . . . . ?

      Krisis multidimensi yang menimpa indonesia, mulai dari krisis moral yang menjangkit generasi muda hingga KKN para pejabat kelas atas seakan sulit sekali untuk di “Tumbangkan”.

      Kejujuran merupakan kunci untuk menangkal semua itu. Dapatkah kita berbuat jujur seperti apa yang telah diperintahkan dalam agama, jawabannya mungkin karena harus kita akui bahwa suatu kejujuran sangat mahal nilainya, dan tidak mudah dilaksanakan seperti kita “sangat” mudah mengucapkannya.

      Banyak contoh yang bisa kita ambil, mulai dari tingakt atas sampai tingkat yang paling bawah. Ditingkat atas begitu banyak penyimpangan - penyimpangan, penyalahgunaan dana rakyat, penyalahgunaan jabatan yang disandang. Soal suap menyuap sudah “biasa” di dengar telinga. Seakan semua bisa diatasi dengan uang, dan yang lebih payahnya lagi keadilan bisa di beli dengan uang. Ditingkat bawah, masyarakat sendiri cenderung mendorong dan memberi peluang untuk berkembangnya hal - hal negatif tersebut, mengapa tidak, masyarakat secara tidak sengaja telah ikut melakukannya, masyarakat merespon hal - hal negatif tersebut, bahkan juga mencontoh padahal mereka tahu bahwa itu tidak baik. Untuk mendapatkan sesuatu, mereka cenderung menggunakan “pelicin” di minta ataupun tidak diminta.
Seakan semua itu sudah biasa. Inilah awal kehancuran yang haurs kita akui. Ketidak jujuran sudah menjangkiti semua lapisan masyarakat kita, itu yang perlu di perhatikan oleh banyak pihak. Dan di harapkan ada penanggulangannya, mungkin dengan contoh teladan yang baik.

      Di kalangan siswa atau generasi muda sendiri ketidak jujuran mulai nampak, misal kita cenderung membodohi diri sendiri dengan “mencontek “ untuk memperoleh nilai yang baik cara - cara seperti itu merupakan bibit yang harus kita berantas, walaupun kita berilmu dan kemampuan kita melebihi orang lain, tanpa ada kejujuran dan moral yang baik, ilmu yang tinggi tidak ada artinya.

      Sebagai generasi muda penerus bangsa kita harus mampu berbuat jujur, karena dengan kejujuran ini kita akan membangun bangsa ini yang sedang terpuruk. Memang terasa sulit untuk terus melaksanakan kejujuran, tetapi itu tidak akan berubah jika kita sendiri hanya membicarakannya saja tanpa adanya usaha yang nyata dalam hati, pikiran dan tindakan. Oleh karenanya kita harus berusaha dan mempunyai sifat ini. tidak ada kata terlambat untuk memulai berbuat jujur.

      Inilah satu hal yang patut kita camkan dalam hati nurani kita masing - masing “jujur”. Demi bangsa dan negara kita tercinta ciptakanlah “Virus” kejujuran dalam hati kita, dengan kejujuran ini kehidupan kita, bangsa dan negara kita akan lebih baik dan ini merupakan obat dari semua masalah yang muncul pada diri kita sendiri, bangsa dan negara. Tidak ada perbuatan yang paling berkesan selain berbuat jujur.


Catatan :
“Mulailah berbuat jujur walaupun hanya secuil karena itu sangat berarti”


By : xDRAGONx

Read more

Whistle Subtitle Indonesia



Sinopsis :

Whislte! menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Shō Kazamatsuri. Shō Kazamatsuri pindah dari sekolah Musashinomori ke sekolah SMU Josui agar harapannya untuk menjadi pemain tim sepak bola. Yūko Katori, guru Shō Kazamatsuri, memperkenalkan seorang bintang terkenal dari tim Musashinomori. Hal ini menyebabkan teman sekelas Shō Kazamatsuri salah paham. Sampai akhirnya ada yang mengatakan bahwa Shō Kazamatsuri tidak pernah menjadi tim inti karena mereka menganggap permainan Shō Kazamatsuri "payah". Shō Kazamatsuri kemudian berjuang keras untuk meningkatkan kemampuannya agar dapat bermain sepak bola di timnya. Asal usul Sho Kazamatsuri akan terungkap oleh ayah Tatsuya Mizuno, pelatih dari Musashinomori. diketahui bahawa Sho adalah anak dari seorang pemain sepak bola terkenal yang meninggal dalam kecelakaan sebelum mengikuti pertandingan besar.

Silahkan Download di bawah ini
Whistle - Eps 13

Ekstensi MKV (Matroska Video)

Via Solidfiles

Special Thanks to Huseinalhaddar (Translate ke bahasa Indonesia)
Read more